Mencari Buku Sejarah? Ini Dia Trik untuk Menghematnya!

Untuk mahasiswa yang belajar di ilmu sejarah, membeli buku sejarah sudah pasti adalah hal wajib yang harus dilakukan. Saat berada di awal semester, bisa jadi buku yang diharuskan oleh dosen harus berada di tangan untuk menunjang kegiatan kuliah yang dilakukan. Sangat pentingnya buku ini, keberadaannya pun tidak dapat diabaikan lagi. Sayangnya, kita sebagai seorang mahasiswa harus merogoh kocek begitu dalam untuk membeli semua buku yang kita butuhkan, untuk Anda yang belum bekerja dan masih mengandalkan dana dari orang tua, pasti akan sangat sulit sekali. Namun, Anda tidak perlu cemas karena ada berbagai macam trik yang dapat Anda gunakan untuk menghemat pengeluaran pembelian buku.

Gambar terkait
 
Pertama, lihat silabus yang diberi oleh dosen. Anda dapat mengecek silabus yang diberi oleh dosen setiap awal kuliah berlangsung. Seringnya, dosen akan memberitahukan berbagai macam buku yang menjadi pegangan wajib yang harus Anda beli dan ada buku yang menjadi pendamping. Jika ingin lebih berhemat dalam membeli buku, Anda bisa membeli buku wajib, dan mengesampingkan buku pendamping. Hal ini dikarenakan buku wajib jauh lebih sering digunakan dibandingkan dengan buku pendamping.

Kedua, manfaatkan perpustakaan yang berada di kampus Anda. Di kampus tempat Anda belajar, pasti memiliki perpustakaan yang lengkap dengan buku yang berhubungan pada mata kuliah. Di perpustakaan Anda bisa menemukan buku sejarah yang begitu banyak. Anda bisa memanfaatkan perpustakaan agar bisa memenuhi kebutuhan buku Anda. Ada berbagai macam buku bacaan yang dapat Ana pinjam. Walaupun demikian memang ada beberapa buku yang hanya dapat dibaca di perpustakaan dan tidak bisa Anda bawa pulang, oleh sebab itu manfaatkan dengan sebaik mungkin berbagai macam fasilitas yang diberikan oleh kampus.

Ketiga, membeli buku secara online. Sekarang ini sudah ramai forum jual beli atau website yang menyediakan buku kuliah dengan sangat lengkap dan dengan penawaran harga murah dari berbagai macam jurusan termasuk sejarah. Menariknya, membeli buku secara online ini Anda bisa menemukan buku baik buku baru atau pun buku bekas. Keuntungan membeli secara online sudah pasti Anda tidak perlu berputar-putar dari satu toko ke toko yang lainnya untuk mendapatkan harga termurah, Anda hanya perlu duduk dan mencari harga yang lebih murah. Agar bisa mendapatkan buku yang murah, kunci utamanya ialah sabar serta jeli saat Anda sedang membuka-buka internet.

Keempat, meminjam kakak tingkat. Saat masa orientasi berlangsung, pasti Anda berkenalan dengan beberapa kakak tingkat bukan? Selain itu saat kegiatan belajar berlangsung, Anda juga mungkin mengenal satu atau dua kakak tingkat dan bahkan akrab dengan Anda. Mengapa Anda tidak meminjam buku pada mereka? Saat mereka sudah tidak menggunakan buku tersebut, Anda bisa mencoba meminjam. Meminjam buku pada kakak tingkat juga gratis. Namun jangan lupa, saat Anda mengembalikan buku tersebut, kembalikan buku dalam keadaan yang masih baik.

Terakhir, gunakan internet
. Hampir semua hal yang berada di dunia ini ada di internet, termasuk buku digital atau ebook. Anda tinggal mencari-cari di internet buku digital tersebut. Ada buku digital yang dibanderol dengan harga murah, bahkan ada pula yang bisa didapatkan secara gratis. Saat sudah membeli buku sejarah digital ini, Anda hanya perlu menyimpannya di tab atau di PC Anda. Pelajari dengan baik saat pelajaran berlangsung. Jadi, masih cemas hanya karena buku kuliah memiliki harga mahal?

0 Response to "Mencari Buku Sejarah? Ini Dia Trik untuk Menghematnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel