Cara Membuat Resensi Buku Novel

Resensi adalah ulasan yang sifatnya informatif atau menginformasikan isi dari sebuah buku, kaset, novel atau film. Resensi novel tentu saja adalah ulasan tentang sebuah novel. Resensi novel ini sifatnya hanya memberikan informasi seputar buku novel yang sedang dibahas, tidak mengandung unsur promosi atau sebaliknya. Resensi hanya memberikan gambaran mengenai suatu objek beserta kelebihan dan kekurangannya.

Gambar terkait
 
Di beberapa sekolah atau perguruan tinggi, membuat sebuah resensi novel dijadikan sebuah tugas baik pribadi maupun kelompok. Jika Anda saat ini sedang mendapatkan tugas tersebut, informasi di bawah ini mungkin dapat membantu. Resensi sebuah buku novel harus mengandung unsur-unsur seperti berikut ini:

  • Identitas novel meliputi judul, nama pengarang, penerbit, tempat dan tahun terbit.
  • Jenis novel yang diulas, apakah bergenre drama, horor atau science.
  • Menampilkan keunggulan novel berupa unsur menarik yang diangkat oleh pengarang dalam novelnya. Peresensi juga dapat menulis hal-hal berikut:

  1. Organisasi buku meliputi kerangka buku dan hubungan antar bab.
  2. Isi buku, dapat berupa sinopsis atau plot cerita novel tersebut.
  3. Bahasa yang digunakan pengarang untuk membuat novel, misalnya bahasa sastra, prokem atau formal.

  • Unsur intrinsik dan ekstrinsik novel tersebut.
  • Mengulas kelemahan novel menurut peresensi, misalnya kelemahan konsep, atau jalan cerita.
  • Pada bagian akhir, peresensi memberikan penilaian terhadap novel yang diulasnya. Penilaian dapat dilakukan dengan membandingkan novel yang diulas dengan novel lain yang sejenis.

Untuk mengetahui unsur-unsur yang diperlukan dalam menulis resensi ada tahapan-tahapan yang harus Anda lakukan, yaitu:

  • Menulis informasi fisik buku tersebut yaitu judul, nama pengarang, tempat dan tahun terbit, genre, dll.
  • Membaca dan memahami isi novel.
  • Menulis ulasan isi buku bab per bab, termasuk nama tokoh, tema, alur, latar, tujuan dan maksud penulisan novel.
  • Membahas kelebihan dan kelemahan novel tersebut.

Setelah Anda membuat suatu resensi novel, perhatikan apakah resensi tersebut sudah memberikan manfaat sesuai dengan tujuannya. Manfaat resensi novel antara lain sebagai berikut:

Manfaat bagi penulis buku

Dapat memberikan evaluasi yang dipaparkan secara sistematis, kritis dari peresensi. Terdapat kelemahan novel yang dipaparkan sehingga penulis dapat mengambil kritikan sebagai acuan perbaikan.

Bagi penerbit

Menjadi sarana promosi gratis untuk mengenalkan buku ke masyarakat.

Bagi pembaca


Sebagai pengetahuan tentang intisari novel, sehingga para pembaca ingin mengetahui lebih lanjut seluruh cerita sampai akhirnya membeli novel.

Selain manfaat untuk orang lain, menulis resensi novel ataupun buku dapat memberikan manfaat bagi Anda sebagai peresensi, yakni:

Mengasah intelektual

Dalam menulis resensi novel, Anda perlu mencari tahu kelebihan dan kekurangan novel. Anda akan membandingkan dengan novel yang lain. Hal ini akan mengasah kemampuan intelektual Anda secara tidak langsung.

Membaca seluruh isi novel


Membaca sendiri adalah gerbang ilmu. Dengan menjadi peresensi novel, Anda akan membaca berbagai jenis novel. Sebuah novel akan memberikan banyak informasi dan ilmu tersendiri.

Mendapat penghasilan

Jika resensi novel Anda diterbitkan di sebuah koran, maka Anda akan mendapat sebuah fee. Fee tersebut bervariasi tergantung koran yang menerbitkan.

Itulah beberapa point yang dapat Anda jadikan referensi dalam penulisan sebuah resensi buku novel. Dengan berkembangnya novel-novel Indonesia, maka akan banyak resensi novel yang dibutuhkan untuk memberikan ulasan mengenai novel-novel tersebut. Selamat berkarya.

0 Response to "Cara Membuat Resensi Buku Novel "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel