Resensi Buku Psikologi Pendidikan

Psikologi terdiri dari banyak sekali cabang, itu karena psikologi merupakan unsur utama dalam kehidupan sosial maupun ilmiah. Sudah ribuan jumlah buku yang diterbitkan berisi tentang tulisan mengenai ilmu psikologi dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Salah satu terapan ilmu psikologi adalah psikologi pendidikan. Kali ini yang menjadi topik pembahasan adalah resensi dari sebuah buku psikologi pendidikan yang berjudul sama yaitu Psikologi Pendidikan. Buku ini ditulis oleh Dr. H. Mahmud, M.Si dengan pengantar Prof. Pupuh Faturrahman. Diterbitkan oleh Pustaka Setia pada tahun 2010, terdiri dari 9 bab dalam 370 halaman. 
 Hasil gambar untuk ilustrasi buku
 
Diawali dengan ulasan pengertian psikologi pendidikan, ruang lingkup psikologi pendidikan, pendekatan psikologi pendidikan, serta kegunaan buku psikologi pendidikan pada Bab 1. Salah satu pioneer psikolog adalah Johann Friedrich Herbert. Ia adalah seorang filsuf sekaligus psikolog yang karya-karya serta gagasan-gagasannya sering dikutip oleh Sigmund Freud dan Josef Breuer. Buku “Pedagogics” adalah salah satu karya tulis Herbert. Meskipun pendidikan dikembangkan oleh para psikolog, ia bukanlah sub disiplin dari psikologi itu sendiri. Karena pada dasarnya pendidikan terdiri dari banyak disiplin ilmu, seperti sosiologi, antropologi, ilmu filsafat dan psikologi. Selanjutnya pada bab yang kedua, menjelaskan tentang hakikat peran utama manusia dalam proses pendidikan. Pandangan psikologi terhadap manusia ditinjau dari aspek behaviorism, psikoanalisis, humanistic dan kognitif.

Pada bab ke 3 membahas tentang belajar. Dimana belajar adalah salah satu faktor yang berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku suatu individu. Dalam artian dengan belajar, seseorang diharapkan mengalami perubahan-perubahan yang positif, aktif, berkesinambungan, fungsional, permanen, terarah dan secara keseluruhan. Baik dalam aspek teoritis, kreativitas, inteligensi, logika, visual, serta emosional. Bab ke 4 menjelaskan tentang memori atau ingatan yang merupakan unsur utama dalam belajar. Dimana menurut Eric Jensen dan Karen Markowitz (2003:21) ingatan adalah suatu proses biologi, yaitu informasi yang diberi kode dan dipanggil kembali (recall). Pada bab ini, menjelaskan pula tentang pembagian memori berdasarkan lamanya penyimpanan dan jenis ingatan, prinsip dasar mengingat, tips dan strategi mempertahankan ingatan, pengaruh buruk obat-obatan, alkohol, nikotin, serta teknologi terhadap ingatan.

Bab ke 5 menjelaskan tentang pengetahuan. Pengetahuan adalah berbagai gejala yang diperoleh dan direkam oleh manusia melalui pengamatan kelima panca indera. Pengetahuan dibagi menjadi 2 yaitu declarative dan prosedural. Bab ke 6 menjelaskan tentang otak organ terpenting manusia yang menggerakkan seluruh panca indera, beserta anatomi, bagian dan fungsinya, tingkatan serta kiat-kiat sederhana memelihara fungsi otak dan cara memberi asupan energi ke otak antara lain dengan waktu tidur yang cukup, makan rutin tiga kali sehari, mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3, olahraga dan detoks (mengeluarkan racun dari dalam tubuh).

Bab ke 7 membahas tentang guru dan mengajar. Pengertian guru yang hingga kini masih diperdebatkan dan kredibilitasnya yang ditentukan oleh persepsi siswa. Serta definisi mengajar dijelaskan sebagai cara untuk mengubah persepsi dan perilaku mereka. Bab ke 8 membahas tentang perkembangan. Perkembangan yang diartikan sebagai perubahan yang sistematis, kontinyu dan progresif. Bab terakhir dalam buku Psikologi Pendidikan ini membahas mengenai diri (self), kepribadian dan harga diri (self esteem). Buku ini layak dimiliki karena cukup lengkap secara materi, gaya bahasa yang mudah dimengerti, ejaan yang sesuai EYD, kajian psikologi pendidikannya mudah dicerna serta ada selipan humor di dalamnya sebagai pendukung ilustrasi pembahasan.
Resensi Buku Psikologi Pendidikan Resensi Buku Psikologi Pendidikan Reviewed by Eka Frasisca on August 17, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.